Friday, July 25, 2014

tutorial cara menangani tamu di restoran dari awal sampai akhir


selamat sore sahabat semua........kali ini saya akan menjelaskan sedikit step demi step dalam menangani tamu di restoran dari awal tamu berada di depan pintu sampai tamu meninggalkan restoran. Nah,,, hal pertama yang harus kalian perhatikan adalah attitude/sikap dan penampilan  kalian saat berada di depan pintu masuk restoran, yang pertama adalah sikap tubuh anda harus tegap dan selalu tersenyum jika ada tamu (jika tidak ada tamu boleh tidak tersenyum,nanti dikira orang gila :)). Saya lanjuat saja penjelasannya ketika tamu datang kerestoran, langkah pertama yang anda lakukan adalah:
1. greeting yaitu salam pembukaan/penyambutan tamu

  • (R): good morning, welcome to tingkliksakti rertaurant. How are you today ???(selamat pagi, selamat datang di tingkliksakti restoran. Apa kabar hari ini ??)
  • (G): good morning, i'm fine. How about you ?? (selamat pagi, baik. Bagaimana denganmu ??)
  • (R): i'm fine too thank you. Would you like something to breakfast sir/mom??(saya juga baik, apa kamu mau sesuatu untuk sarapanpagi ??)
  • (G): yes sir (ya pak)
  • (R): do you have reservation before ??(apa anda punya pesanan sebelumnya ??)
  • (G): no we don't have (tidak, kami tidak punya)
  • (R): yes sir follow me please (ya tuan, silahkan ikuti saya)
2. antarkan tamu ke meja yang sesuai dengan jumlah tamu dan situasi di restoran. Setelah itu:
  1. tarik kursi dan persilahkan tamu untuk duduk (have a sit please)
  2. unfolding napkin dari sisi sebelah kanan tamu
  3. balikan  water goblet dan cup tamu
  4. tawarkan kopi atau teh (biasanya untuk breakfast)
  5. berikan menu pada tamu (misal; thi is our menu sir)
  6. pouring/tuangkan air dari sebelah kanan tamu
  7. pouring teh/kopi dari sebelah tamu dan juga penemannya )
  8. taking order lalu ambil menunya
  9. serve orderan tamu secara berurutan
  10. clear up piring tamu yang sudah selesai makan ( misal: how about your food sir ???, have you finish ??)
  11. (jika tidak breakfast) jika tamu memesan makanan dari appetaizer sampai maincourse, maka lakukan craming down yaitu membersihkan meja dengan napkin dan b&b plate tamu dari sisi sebelah kiri tamu sambil menawarkan dissert (misal: would you like something for dissert sir ???jika ya, maka clear up semua piring roti atau apapun yang ada di meja kecuali gelas-gelas walaupun tamu sudah tidak minum lagi. Lalu serve dissertnya.
  12. untuk tamu yang makan di restoran hotel tempat dia menginap biasanya tidak memberi bill karena sudah termasuk ke dalam harga kamar namun jika keadaannya sekarang di dalam restoran tanpa hotel maka tanyakan tentang makanan/breakfastnya
  • (R): how was your breakfast sir ??( bagaimana dengan makan pagi anda tuan ??)
  • (G): yes verry nice, may i get my bill sir ??? (ya sangat enak,dapatkah saya mendapatkan bill saya tuan ??)
  • (R): yes sir,this is your bill sir (iya, ini bill anda tuan)
  • (R): thank you for your coming sir, i hope you come again (terimakasih anda sudah datang tuan, saya harap anda datang kembali.
Sekianlah langkah-langkah dalam menangani tamu di restoran dari awal sampai akhir,semoga bermanfaat bagi kalian semua dan semoga blog saya ini dapat mempermudah hidup anda dalam segala bidang dan jika ada hal-hal yang kurang dari post saya kali ini mohon komentarnya agar kita dapat saling belajar dan mengetahui lebih banyak standar pelayanan di hotel. Dan kunjungi selalu http://tingkliksakti.blogspot.com/
terimakasih.

1 comment:

  1. Artikel yang sangat bagus. Salam kenal buat Admin.
    ditunggu komentar dan kunjungan baliknya di blog saya ya
    http://restofocus.blogspot.com/

    ReplyDelete