Monday, August 11, 2014

tutorial cara membawa makanan room service di hotel


selamat malam saudara sekalian.......kali ini saya akan memberikan tips tentang tutorial cara memberikan atau mengeserve makanan room service di hotel. Sebelumnya, pasti anda atau rekan kerja anda sudah melakukan taking order untuk makanan yang akan dibawakan ke kamar, kalian harus ketahui apa saja makanan tersebut dan apa saja peneman lainnya yang dibutuhkan agar anda tidak perlu bolak-balik ke kamar dan ke restaurant misalnya: salt & papper,gula,bottle opener,cutlery dll. Setelah semuanya siap dan makananpun sudah siap untuk diantarkan ke kamar, maka kalian sudah dapat membawa makanan tersebut menuju ke kamar (jangan lupa membawa pulpen dan bill). Langkahnya:

  • bawa makanan sampai kedepan kamar,
  • ketuk pintu tiga kali dan mengatakan : room service please, (lihat juga tanda yang digantung pada pintu kamar,jika ada tulisan do not disturb,itu artinya tamu tidak inggin diganggu, sebaiknnya anda menghubungi front office untuk mengkonfirmasinya,
  • saat pintu telah dibuka oleh tamu, ucapkan salam dan tanyakan kabar tamu. misal : good evening,how are you ?? (lakukan percakapan ringan dengan tamu)
  • tanyakan tempat dimana kita bisa menaruh makanan. misal: where i can put your food sir ??
  • setelah ditunjukan tempatnya,kalian taruh makanan dan minumannya satu persatu kemejanya,
  • selanjutnya, kalian reapid/mengulangi pesanan tamu. Misal: let's check your order sir, one mix juice, one pizza,dll. Is that true ??
  • selanjutnya, kalian berikan bill dan pulpen kepada tamu untuk meminta tanda tangan.misal: your singn please,
  • lalu suruh tamu untuk menelepon ke restorant jika sudah selesai makan,misal:if you finish your food, you can call back to the restaurant,and we will clear up it :)
  • jika sudah selesai, kalian ambil tray dan barang-barang kalian, dan ucapkan.misal: enjoy your dinner please.
  • tinggalkan tamu dan kembali ke restaurant
sekianlah langkah-langkah dalam membawa room service ke kamar tamu menurut sepengetahuan saya,jika ada salah kata,perbedaan, anda dapat menulis komentar agar kita saling dapat mengetahui perbedaah standard di setiap hotel.
terimaksaih...

No comments:

Post a Comment